Sabtu, 21 April 2018

Solusi Jitu Menghilangkan Embun / Kabut Pada Kaca Mobil Saat Hujan

Cara Jitu Menghilangkan atau Menaggulangi Kabut Pada Kaca Mobil Saat HujanBagi anda yang masih menggunakan mobil jadul tentunya sering galau jika musim hujan telah tiba, karena apa? Salah satu masalah yang pasti terjadi adalah kaca mobil yang mengembun di saat hujan turun. Tentunya hal ini sangat membahayakan saat ngegas di jalan, karena embun pada kaca mobil ini akan menghalangi jarak pandang kita saat mengemudikan kendaraan, apalagi saat turun hujan pada malam hari. Bagi yang belum tau tipsnya, yang dilakukan adalah mengelap (membersihkan) embun di kaca mobil dengan kanibo ataupun dengan kain supaya jarak pandang tidak terganggu oleh embun.
Kaca Mobil Berkabut Saat Hujan
Kasus tersebut adalah hal yang tidak dapat di hindarkan lagi, khusus nya untuk mobil jadul dimana AC “Angin Cendela” menjadi satu-satunya alat ventilasi udara. Saat mobil jalan, cendela kaca di buka sehingga angin dapat masuk dan udara panas di dalam mobil bisa berkurang. Kalau musim panas nih, menjadi pemumpang mobil jadul serasa naik PAJERO “Panas Njobo Njero”hahaha. Hal ini adalah pengalaman pribadi yang selama ini masih ngopeni mobil jadul: Suzuki Carry Mata Kucing / Carry Buwek / Carry Bagong tahun 1986. Kudu sabar lan kuat ngadepi kenyataan.
Cara mudah menghilangkan Embun pada kaca mobil saat hujan ini ane dapat nya saat ikut gabung di komunitas SCCI (Suzuki Carry Club Indonesia) tempat nongkrong nya para pecinta mobil Suzuki Carry. Dimana saat diadakan kopdar, terkadang kita sharing atau tukar pengalaman seputar mobil carry. Nah, saat itu yang dibahas pada sesi sharing adalah bagaimana Cara menghilangkan Embun kaca mobil saat hujan?  Bagaimana, anda mau nyimak? Oke deh lanjut yaaa....atau ngopi lan ngudut disik...karo crito rondo-rondo ayu anak siji...hahaha
Wis Ojo wedi lan ojo gemeter...dawuhi E Si Mbah yen sak bejo-bejone wongkang lali iku isih luwih bejo wongkang Eling lan Waspodo...silahkan di baca alon-alon waton kelakon:
Inilah beberapa untuk menghilangkan embun pada kaca mobil saat hujan:
Cara pertama yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan embun kaca mobil saat hujan adalah dengan menggunakan kipas angin kecil yang di hadapkan pada kaca mobil.  Biasanya menggunakan kipas nya power amplifer atau kipas duduk yang di letakkan di atas dasbord mobil. Sehingga angin yang mengarah pada kaca mobil. tersebut akan mengurangi embun yang menempel pada kaca mobil saat hujan. Namun kelemahannya, jika putaran kipas angin kurang kencang tentunya angin yang dihasilkan pun tekananya pun kurang kuat, sehingga tidak bisa anginnya tidak bisa menyebar ke seluruh kaca mobil. Hal ini menjadikan kaca mobil tetap mengembun. Selain itu, bagi mobil yang aki nya sudah setengah mainan (hampir tekor) tentu akan berat. Karena, listrik aki harus di bagi-bagi, untuk wipper, lampu – lampu, kipas angin, audio, dll. Sungguh berat saudara-saudara........wis wajah tuo, panggah di pulosoro...wkwkwk
Cara kedua untuk menghilangkan embun pada kaca mobil saat hujan sangat gampang, gak pakai lama dan gak pakai ribet. Ada beberapa alat yang harus anda sediakan, antara lain: Sunlight (sabun cuci piring), Sampho mandi / odol (pasta gigi) gak ada  ketentuan harus merk shampo / pasta gigi tertentu, yo wis pokok e shampo. Yang harus sediakan lagi adalah: Air bersih, semprotan bekas minyak wangi (supaya gak mengeluarkan biaya) dan kanibo / kain kaos yang punya tekstur halus.

Caranya:
Pilih salah satu yang sudah ane sebutkan tadi: sulight, shampo atau pasta gigi. Ambil secukupnya dan campurlah dengan air bersih secukupnya pula dan masuk kan ke dalam alat semprotan tadi. Saya pikir, air ini hanyalah sebagai alat bantu kita agar semakin mudah dalam menyemprotkan dan meratakanya  ke permukaan kaca. Setelah cairan tersebut anda semprotkan ke kaca mobil, kemudian di lap pakai kanibo / kain halus. Dah cukup itu saja...dengan cara itu, saat hujan lebat pun insya Allah kaca mobil kesayanganmu tetap cliiiing!!!!  Tidak ada lagi embun pada kaca yang mengganggu jarak pandang saat nyetir mobil.
Yang lebih penting lagi, sebelum ngeee gas...bagi kamu yang Muslim ada baiknya membaca doa safar terlebih dulu (doa naik kendaraan dan doa bepergian), sudah apaaal belum???? Khusus yang Muslim...Kalau belum apaal ini nih doanya: 


Yang teman-temen yang beragama lain, silahkan berdo’a terebih dahulu sesuai dengan kepercayaan masing-masing, yang intinya: memohon perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa supaya di berikan keselamatan selama dalam perjalanan, mulai saat pertama kali berangkat sampai pulang lagi, angsal rahayu wilujeng, budal slamet – mulih slamet tidak ada halangan apa pun.
Itulah tadi Cara mudah menghilangkan Embun pada kaca mobil saat hujan, semoga bermanfaat untuk anda semua.... selamat mencoba
Salam Seduluran Selawase...Sewu Bolo  - Sewu Dungo... Kalah Rupo – Menang Dungo...
By: Kang Santoso - SCCI Kediri Raya #KDR 008 - #JT 223

Tidak ada komentar:

Posting Komentar